manfaat ikan salmon



Artikel Makanan Kesehatan

“ARTIKEL IKAN SALMON MAKANAN SEHAT”

                                  Hasil gambar untuk ikan salmon

Makanan sehat ialah makanan yang memiliki kandungan gizi yang seimbang, mengandung serat dan zat-zat yang diperlukan tubuh untuk proses tumbuh kembang. Menu makanan sehat harusnya kaya akan unsur zat gizi seperti karbohidrat, protein, mineral, vitamin, dan sedikit lemak tak jenuh, atau lebih tepatnya disingkat dengan nama menu 4 sehat 5 sempurna.
Banyaknya zat-zat kimia dan hanya memiliki 1 atau 2 kandungan saja, sehingga tubuh masih kekurangan akan  Karbohidrat : terdapat pada nasi, gandum,§beberapa zat yang sangat penting,  singkong, dan lain-lain.
Protein : banyak terdapat pada tahu, tempe, telur daging, dll
·           mineral : banyak terdapat pada sayur-sayuran
·           vitamin : banyak terdapat pada buah-buahan
·           susu.

Berikut contoh olahan masakan yang mengandung Protein yaitu Ikan Salmon :
·           Sup Ikan Salmon Bayam
·           Salmon Siram saus nanas
·           Bola-Bola Salmon.

Salmon adalah sejenis ikan laut dari famili Salmonidae. Ikan lain yang satu famili dengan salmon adlaah ikan trout. Perbedaannya adalah pada migrasi hidup salmon dibandingkan dengan ikan trout yang menetap. Salmon hidup di Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik. Selain dikenal sebagai ikan yang unik, ikan salmon juga terkenal sebagai ikan dengan kandungan gizi yang tinggi dan memiliki berbagai macam khasiat bagi tubuh. Salah satu kandungan yang ada dalam ikan salmon adalah omega-3 yang sangat tinggi. Berikut ini adalah beberapa manfaat makan ikan salmon untuk tubuh:

Meningkatkan Fungsi Otak dan Memori

Ikan salmon mengandung vitamin A dan asam-asam amino yang sangat efisien dalam merangsang aktivitas otak dan membuat fungsi memori Anda secara optimal. Komponen ini memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan sel otak.

Mengurang Peradangan

Mengonsumsi ikan salmon bisa mengurangi kemungkinan pembekuan darah, maka sepenuhnya menghilangkan risiko stroke, radang sendi darah, atau kanker.

Pengembangan Otot

Kandungan protein dan asam amino dalam ikan salmon merupakan blok bangunan terbaik untuk pengembangan otot. Nutrisi ini juga terkenal untuk mengembangkan jaringan tubuh.



Meningkatkan Daya Pandang Mata

Lemak omega-3 yang ada dalam ikan salmon membantu dalam memerangi masalah kronis mata kering, sehingga meningkatkan pandangan Anda selama usia tua.




Menjaga Kulit dan Rambut Tetap Sehat

Kandungan nutrisi lemak omega-3 dalam ikan salmon senantiasa bisa membuat Anda terlihat awet muda. Tidak hanya kulit, omega-3 dan protein dalam ikan salmon juga bisa menjaga kekuatan rambut.

Meningkatkan Metabolisme

Ikan salmon juga mengandung nutrisi yang memfasilitasi penyerapan gula dalam tubuh dan dalam proses ini dikenal sebagai pengendali diabetes terbaik dan pengendali gula darah.

Mencegah Serangan Jantung

Ikan salmon merupakan makanan terbaik untuk dikonsumsi oleh penderita sakit jantung. Hal ini karena umumnya salmon mengurangi masalah kardiovaskular.

Mengurangi Depresi

Ikan salmon merupakan salah satu depresan terbaik yang pernah tersedia di pasar. Hal ini karena mereka mengandung omega-6 yang sangat efektif dalam mengurangi depresi dan jenis-jenis stres.




Kandungan Gizi dan Vitamin Pada Ikan Salmon

 Dengan melihat kandungan gizi yang dimilki ikan salmon, sebisa mungkin suguhkan ikan salmon kepada anak anda secara rutin, dalam seminggu atau dua minggu sekali atau lebih sering lagi.
Energi 142 kkal
Air 68, 50 gr
Protein 19,84 gr
Lemak 6,34 gr
Kolesterol 55 gr
Kalsium 12 gr
Besi 0,80 gr
Riboflavin 0,380 gr
Niacin 7,860 g

Kandungan Vitamin :
Vitamin A : 1,00 iu
Vitamin B1 : 0.12 mg
Vitamin B2 : 0.05 mg
Vitamin B6 : 0.55 mg
Vitamin B12: 4.50 ug
Vitamin C: 0.21 mg
Vitamin D: 0.75 ug
Vitamin E: 2.70 mg.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kesehatan untuk hati,badan dan pikiran

penyakit berbahaya pada wanita

pengobatan tifus